Dampak Proses Penjaminan Mutu Terhadap Layanan Tri Darma PT

Posted on by

Dalam tiga tahun terakhir BPM menunjukkan peran yang semakin strategis dalam mengimplementasikan slogan UNEJ berupa “quality first” dan mengawal perwujudan visi dan rencana strategis Universitas Jember. Berbagai aktivitas BPM sebagaimana yang telah dipaparkan sebelumnya telah memberikan dampak yang positip di lingkungan UNEJ yang ditunjukkan oleh: semakin tertibnya kelengkapan dokumen perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, meningkatnya kehadiran dosen dalam perkuliahan, semakin tertibnya pengelolaan PHK di lingkungan UNEJ dan semakin terukurnya capaian program PHK tersebut, semakin meningkatnya pengakuan eksternal terhadap UNEJ baik dilihat dari kualitas akreditasi prodi maupun adanya unit kerja yang mencapai sertifikat ISO. Semakin tumbuhnya kesadaran terhadap pentingnya kualitas pengelolaan internal, dan tumbuhnya kompetisi yang positip dosen dalam teaching grant, research grant, dan tumbuhnya riset kolaboratif dosen mahasiswa. Berbagai dampak tersebut memang tidak seluruhnya merupakan dampak langsung aktivitas BPM, namun sistem dan stimulasi tumbuhnya mutu akademik yang dibangun telah memberikan kontribusi bagi tumbuhnya dampak tersebut.

Secara khusus BPM telah mengevaluasi kinerja Prodi sejak tahun 2009 yang didasarkan 8 standar mutu, yaitu: standar (1) Visi dan Misi; (2) Tatapamong dan Kepemimpinan, Sistem Penjaminan Mutu; (3) Kemahasiswaan dan Lulusan; (4) Sumberdaya Manusia; (5) Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana akademik; (6) Pendanaan, Sarana, dan Prasarana, serta Manajemen Informasi; (7) Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama; dan (8) Pengakuan Eksternal. Program pemantauan mutu yang sekaligus sebagai dasar pemberian reward atas prodi yang ditetapkan sebagai prodi berprestasi ini menjadi salah satu program penting dalam rangka menumbuhkan rasa kompetisi di seluruh aspek tri darma PT antar prodi. Prodi terbaik tidak hanya merefleksikan kinerja prodi dalam mewujudkan tri darma PT, tetapi juga merefleksikan jaminan mutu terhadap pengelolaan atau managemen prodi.

Disisi lain, tercapainya sertifikasi ISO 9001:2008 telah memberi dampak tumbuhnya semangat unit kerja lain untuk menumbuhkan implementasi penjaminan mutu internalnya. Hal ini ditunjukkan dari hasil kuesioner yang diedarkan ke unit kerja di lingkungan UNEJ diperoleh proyeksi unit kerja yang mengajukan sertifikasi ISO 9001:2008 untuk tahun 2010 sebanyak 3 unit kerja, tahun 2011 sebanyak 4 unit kerja. Hal ini merupakan dampak positip yang perlu ditumbuh-kembangkan dan difasilitasi oleh BPM dan UNEJ secara kelembagaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *