Monitoring dan Evaluasi (Monev) SBMPTBR 2015

Posted on by

 

sbmptbr

Tujuan kegiatan monev adalah untuk memastikan proses Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Se Besuki Raya (SBMPTBR) 2015 yang meliputi 12 lokasi (Unej 7 dan Luar Unej 5) untuk SAINTEK dan SOSHUM.

Pelaksanaan kegiatan monev SBMPTBR 2015 tanggal 8-9 Juni 2015 di lokasi luar Jember (Unej) terdiri dari: Banyuwangi (Universitas Tujuh belas Agustus) 14 ruang; Probolinggo (Universitas Panca Marga) 5 (3 SAINTEK dan 2 SOSHUM); Lumajang (Universitas Lumajang) 4 (2 SAINTEK dan 2 SOSHUM); Situbondo (Universitas Abdul Rahman Saleh) 4 ruang; dan Bondowoso (Universitas Bondowoso) 6 ruang, 2 SAINTEK dan 4 SOSHUM). Lokasi di Jember (Universitas Jember) terdiri dari: FISIP-1 6 ruang; FISIP-2 7 ruang; FMIPA 10 ruang, FKIP Gedung-1 11 ruang, Fakultas Farmasi 4 ruang; Faperta 11 ruang; FE 5 ruang dan FS 12 ruang. Khusus untuk lokasi Jember (Unej) dalam satu ruang diisi dengan 1, 2, dan 3 blok atau kelompok yang terdiri dari 20 peserta dan 2 pengawas; akan tetapi sebagian besar 1 ruang untuk 1 blok. Pelaksanaan monev internal dilakukan baik melalui pengamatan dan wawancara langsung pada sasaran, juga diteruskan dengan pengisian quesioner, khususnya pada peserta dan pengawas. Pengisian quesioner dilakukan secara acak dengan dasar minimal 10 peserta dan 5 pengawas pada setiap lokasi, sehingga total responden Peserta sebanyak 172 (91 orang di luar Jember dan 81 orang di dalam Jember, Unej) dari total Peserta sebanyak 2691 orang atau 6,4% dan Pengawas atau Penanggungjawab Ruang sebanyak 91 (49 orang di luar Jember dan 42 orang di dalam Jember, Unej).

Hasil monev internal secara umum pelaksanaan ujian tulis SBMPTBR berjalan sesuai dengan jadual atau urutan yang telah ditetapkan dalam panduan, walaupun kesesuaian urutan atau jam kegiatan di awal mundur. Tidak ada permasalahan yang berarti, walaupun demikian masih perlu peningkatan koordinasi dan kerjasama antara tim lokasi (Tim Pengelola dari PT lokasi di luar Unej) dengan Tim Koordinator lokasi dari Unej; Persiapan di lokasi sehari sebelum dilakukan ujian masih belum baik. Sarana (meja kursi, sarana pengumuman atau pemandu berupa pengeras suara untuk pelaksanaan ujian, pengamanan, dan perlengkapan) belum dipersiapkan dengan baik untuk memenuhi persyaratan SBMPTBR; Pengarahan untuk memahami tugasnya dan pemilihan Pengawas sesuai dengan persyaratan pertlu ditingkatkan untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan memenuhi persyaratan; Perlu peningkatan pemahaman fungsi dan wewenang Koordinator lokasi PT di luar Unej lebih baik; Soal dibuat beberapa variasi sesuai dengan SBMPTN; Dokumen atau adminitrasi SBMPTBR masih ada yang tidak lengkap; Fungsi Pemonev berkurang karena ikut dalam membantu kelancaran dan kesesuaian dengan standar pelaksanaan SBMPTBR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *